Ipad pro + apple pencil, artist review

box ipad pro sebelum di buka

box ipad pro sebelum di buka

Sebagai seorang illustrator, saya membutuhkan alat untuk membantu saya bekerja menciptakan karya, khususnya karya digital. Sebelumnya saya menggunakan produk Wacom dari tahun 2008, dan produk teakhir yang sy miliki adalah Cintiq13HD yang sy gunakan sejak akhir tahun 2014. Cintiq yang sy punya sangat bagus, lebih ringan dari seri sebelumnya, dan warna yang lebih tajam. Namun Cintiq masih memiliki kelemahan klasiknya: kabel yang terlalu banyak sehingga tidak praktis bagi sy yang suka perbindah-pindah tempat kerja.

set up cintiq di Macbook Pro

set up cintiq di Macbook Pro

Saya tau mereka mengeluarkan seri Companion, tapi harganya sangat mahal dan review yang sy baca di internet kurang memuaskan. Akhirnya sy memutuskan membeli iPad pro, dengan banyak membaca dan menonton reviewnya di internet.

Saya memilih ipad pro 32Gb wifi, penyimpanan kecil ini sy pilih karena saya akan menggunakan ipad ini sebagai drawing tablet dengan mengubungkan nya dengan macbook saya, dengan bantuan aplikasi Astropad. Seningga otomatis penyimpanan data nya sebagian besar adalah di macbook.

Kesan pertama memegang ipad pro adalah size nya yang sangat pas untuk saya bekerja (menggambar), dengan layar 12,9 inc hampir sama dengan layar mbp 13″ saya.Memegang dengan posisi horisontal serasa seperti memegang iPad raksasa, tapi memegangnya dengan kondisi landscape terasa sangat pas, terutama keyboard digital dengan ukuran yang sama dengan keyboard fisik, serasa sangat pas sehingga bisa mengetik dengan dua tangan. Layar retina menghssilkan warna yang sangat tajam, enak sekali saat dipakai untuk bekerja. Bobotnya cukup ringan untuk ukuran tablet sebesar itu, namun ini bukan tablet yang nyaman untuk dipegang dengan satu tangan atau menonton film sambil tiduran 😀

Photo 11-01-16 12.35.49

Satu hal special dari ipad pro ini adalah suara speakernya yang sangat bagus. Dengan 4 speaker, ipad ini mampu mengeluarkan suara apik, bahkan saya bisa merasakan getaran suaranya di tangan saya saat memegang ipad ini. Menu split screen juga sangat berguna dimana saya bisa membuka dua apliaksi sekaligus, misal: procreate dan browser.

Menggambar bisa sambil buka refrensi di safari.

Menggambar bisa sambil buka refrensi di safari.

Apple pencil ternyata sedikit lebih berat dari dugaan saya, lebih berat dari wacom pen. Tapi setelah memakai beberapa jam, akhirnya terbiasa. Pencil apple memiliki pressure sensitive yang sangat ok, bahkan dengan tekanan yg sangat ringan masih bisa dibaca. Untuk feel menggambar, Wacom cintiq punya keunggulan karena layarnya dilapisi dengan lapisan yang bertekstur tipis seperti kertas, sedangkan ipad pro lebih halus seperti menggambar di kaca. Saya harap kedepan nya ada yg menjual screen protector dari pihak ketiga yang memiliki tekstrur seperti Cintiq :)

Dari berbagai aplikasi menggambar yang saya coba ( procreate, paper53, adobe sketch, apple note, art rage, concepts) , Procreate adalah pemenangnya, saya bisa menyelesaikan sebagian besar pekerjaan ilustrasi saya menggunakan aplikasi ini.

Untuk touch up akhir, saya menghubungkan ipad pro dengan mbp menggunakan kabel usb dan apliskasi astropad. Apliksdi ini me-miror tampilan mbp ke layar ipad. Keren nya adalah, pressure sensitive apple pencil tetap dibaca, alhasil ipad pro berubah fungsi menjadi fungsi yang sama dengan wacom cintiq.

Photo 1-11-16, 12 49 29

Pencil bisa di charge dengan sangat cepat, dengan mengisi daya beberapa detik saja sudah bisa mengisi daya 20%.
Untuk combo ipad pro + astropad, saya telah mencoba di dua mbp. Yaitu antara mbp 15″ 2010, 8Gb, dengan MBP 13″ 2012, 8Gb menggunakan Adobe Photoshop Cc2015. Ternyata mbp 2012 bisa menjalankan gabungan semuanya dengan lancar, berbeda dengan di mbp 2010 yang terasa lebih lambat.

perbandingan kabel yang dibutuhkan masing2 tool

perbandingan kabel yang dibutuhkan masing2 tool

Menjawab banyak pertanyaan yang saya dapatkan dari rekan-rekan ilustrator: apakah ipad pro bisa menggantikan Cintiq? jawaban saya: yes, bisa! Dengan membeli iPad pro sebenarnya kita sudah bisa mendapatkan dua produk sekaligus: super ipad dan cintiq.

Akhir kata, saya sangat puas dengan ipad pro ini, dan akhirnya menjual wacom cintiq saya.hehe.

semoga review ini cukup memberi penjelasan mengenai iPad pro. Video demo akan sy upload di postingan berikutnya.

salam,

Monez

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 + = ten